Hadiri HUT ke 60, Mendagri Puji Keberhasilan Kabupaten Tana Toraja

By Admin

nusakini.com--Toraja merayakan hari jadi ke 770 dan HUT Kabupaten Tana Toraja ke 60. Berbagai capaian telah dibuktikan oleh Kabupaten yang berada di Provinsi Sulawesi Selatan ini. Atas keberhasilan tersebut, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo pun tak sungkan untuk memujinya. 

Tjahjo Kumolo di daulat sebagai tamu kehormatan dalam perayaan hari jadi dan HUT tersebut. Dalam sambutannya, Mendagri mengucapkan selamat dan memberikan motivasi untuk wilayah yang memiliki 19 kecamatan dengan jumlah penduduk 227.588 jiwa ini. 

“Untuk merawat pembangunan dengan jumlah penduduk sebanyak 227.588 jiwa ini tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Perjalanan panjang dinamika pembangunan Kabupaten Tana Toraja selama 60 Tahun tentunya mengalami pahit dan getir atas kehadiran pemerintah dalam melayani masyarakat,” kata Tjahjo di Kabupaten Tana Toraja, Kamis (31/8). 

Disebutkan juga, dalam RPJMD Kabupaten Tana Toraja 2016-2021 terlihat jelas beberapa isu strategis pembangunan daerah, seperti antara lain, kualitas dan aksesibilitas pendidikan dan kesehatan, pengangguran, pertumbuhan ekonomi dan pemerataan kesejahteraan masyarakat, kualitas dan cakupan pelayanan infrastruktur dasar dan strategis. “Isu-isu strategis tersebut merupakan tantangan bagi Pemerintah Kabupaten Tana Toraja dengan seluruh jajaran untuk berkerja keras menyelesaikan masalah pembangunan,” ungkapnya 

Tjahjo juga memberikan apresiasi terhadap kerja keras pemerintah Kabupaten Tanah Toraja. Menurutnya, dari tahun 2010-2015 terlihat peningkatan IPM Tana Toraja sebesar 62,83 menjadi 65,08, dengan pertumbuhan rata-rata 0.89 pertahun. Walaupun jika dibanding dengan Kabupaten/Kota lain di Provinsi Sulawesi Selatan maka IPM Kabupaten Tana Toraja tahun 2014 berada pada urutan ke 18 dari 24 Kabupaten Kota 

“Di sisi lain, sesungguhnya pembangunan perekonomian Kabupaten Tana Toraja telah dilaksanakan secara optimal yang ditunjukkan antara lain dengan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) per kapita Kabupaten Tana Toraja mencapai 18,75 juta rupiah dengan pertumbuhan sebesar 16,55 persen,” bebernya. 

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) juga melihat adanya perkembangan atas akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah. Namun, Tjahjo meminta agar lebih bersungguh-sungguh lagi melaksanakan akuntabilitas keuangan daerah yang lebih baik. “Agar Opini Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tana Toraja semakin hari semakin meningkat dan dapat memperoleh Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP),” 

Kabupaten Tanah Toraja menurut Mendagri telah menunjukan semangat kebersamaan sebagai bentuk pembuktian kekuatan segenap jajaran Pemerintah Kabupaten Tana Toraja bersama-sama seluruh elemen masyarakat, untuk berdiri tegak menjaga stabilitas ekonomi, politik dan pemerintahan dalam negeri. 

“Tentu ini semata-mata untuk melayani masyarakat dan ikut memperbaiki tata kelola pemerintahan di daerah, demi untuk mewujudkan “Indonesia berdaulat dalam politik, berdikari dalam ekonomi, dan berkepribadian dalam budaya”, atau yang dikenal sebagai Tri Sakti,” terangnya. (p/ab)